Halaman

Jumat, 26 Februari 2021

KADIN Brebes Tanam Kopi Arabika di Desa Pandansari

 KADIN Brebes Tanam Kopi Arabika di Desa Pandansari

 

 


Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Brebes menggelar acara bakti sosial di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kamis (25/2) dengan kegiatan utama penanaman bibit pohon kopi Arabika.

 

Ketua KADIN Kabupaten Brebes H Indra Kusuma SSos memimpin langsung acara tersebut. Instansi seperti Cabang Dinas Kehutanan V Tegal, Perhutani, dan elemen masyarakat turut pula bergabung dalam acara bakti sosial itu. Ketua KADIN Kabupaten Brebes Indra Kusuma menuturkan, melalui acara ini,  diharapkan dapat memberikan manfaat, khususnya bagi warga Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan. Beberapa tahun kedepan setelah penanaman ini, masyarakat akan merasakan dampak secara ekonomi. Karena ketika pohon kopi berbuah maka akan menjadi komoditi masyarakat. Sementara itu komoditas kopi mempunyai harga dan pasar yang bagus.

 


Penanaman bibit pohon kopi Arabika sebagai salah kegiatan ini, diharapkan kedepannya mampu memberikan dampak ekonomis yang lebih baik lagi bagi warga desa setempat. Selain pula tentunya, untuk memelihara kelestarian lingkungan. Sejumlah besar dari total 5000 pohon kopi Arabika yang merupakan bantuan dari KPH Pekalongan Barat ditanam di Areal Wisata baru Wadaskaca di Desa Pandansari. Sisanya akan ditanam di areal hutan Perhutani terutama yang gundul. Harapannya selain menjadi destinasi wisata pendidikan, juga secara ekologi bisa mengurangi resiko terjadinya bencana seperti banjir dan tanah longsor.


Selain menanam bibit kopi, ada rangkaian kegiatan ikutan diantaranya pengobatan gratis pemberian sembako bagi warga, dan edukasi memakai masker untuk penaggulangan Covid-19. Kesempatan hadirnya KADIN ini tidak disia siakan juga oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Tani Hutan (KTH) desa Pandansari untuk memperkenalkan produk olahan makanan mereka kepada undangan hadir. Diharapkan produk akan dikenal sebagai jajanan khas yang bisa dibeli di Areal Wadaskaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  SELAMAT TINGGAL 2023,   Engkau Telah bersama Kami dengan dengan segala suka dan duka, semua akan tertoreh dalam tinta emas kehidupan,  dan...