Halaman

Selasa, 02 Agustus 2022

5 TANAMAN UNTUK KONSERVASI AIR YANG MEMPUNYAI MANFAAT LAIN

Tanaman atau pohon untuk konservasi atau penyimpanan air tanah berdasarkan pengalaman di lapangan adalah pohon dengan akar tunggang yang kuat, akar serabut yang banyak, tajuk lebar dan rimbun, tanaman berumur panjang, daun selalu hijau (tidak menggugurkan daun), stomata lebih sedikit sehingga mengurangi penguapan air.

Biasanya di daerah bebatuan vulkan tanaman yang banyak dijumpai di sekitar sumber mata air adalah dari Famili Moraceae. Ada banyak jenis pohon yang sesuai kriteria yang dapat digunakan sebagai penjaga sumber mata air, namun kali ini hanya ditulis 5 jenis pohon yang dapat digunakan sebagai tanaman konservasi sumber mata air dan mempunyai manfaat lain yang todak kalah penting.

1.             Beringin (Ficus benyamina)

Pohon beringin mempunyai tajuk yang rimbun, daun kecil berbentuk lanset yang tebal. Perakarannya sangat kuat dan menjalar sangat luas sehingga memperlebar area penyerapan air. Biasanya di bawah pohon beringin yang sudah sangat tua akan tumbuh sumber mata air. Beringin juga dapat bermanfaat sebagai bahan obat, akar gantungnya sebagai obat pilek, demam, radang amandel dan nyeri sendi. Sementara daunnya dapat dimanfaatkan untuk obat flu, bronkhitis, batuk rejan, malaria, radang usus dan panas pada anak, demikian berdasarkan tulisan dari Dalimartha (1999) dan Sutomo (2009).


2.             Karet Kebo (Ficus elastica)

Pohon karet kebo ada beberapa macam varian, ada yang daunnya biasa berwarna hijau, daun berwarna merah keunguan, daun berwarna kuning melon pada pinggir daun dll. Masing-masing varian mempunyai nilai ekonomi berbeda, namun semuanya mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi sebagai tanaman hias. Perakaran dan model tajuk karet kebo hampir sama dengan pohon beringin karena satu genus, hanya ukuran daunnya saja yang lebih lebar dan besar.

Manfaat pohon karet kebo selain sebagai tanaman hias adalah dapat membersihkan udara dalam ruangan.  Karet kebo yang berdaun merah dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat yaitu untuk melancarkan peredaran darah.

                              

   



 

3.             Trembesi (Samanea saman)

Trembesi termasuk dalam Famili Fabacea. Pohon trembesi disebut juga pohon Ki Hujan karena daunnya dapat meneteskan air. Perakarannya yang kuat dan dalam serta akar serabut yang banyak akan menyerap air dengan baik. Pohon trembesi sangat cocok untuk konservasi sumber mata air terutama di daerah dengan batuan induk kapur. Termasuk tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat.

Hasil penelitian dari Hartwell (1967-1971) akar trembesi dapat digunakan sebagai tambahan obat pencegah kanker dengan menambahkan pada saat mandi dengan air hangat.  Ekstrak daunnya untuk menghambat pertumbuhan mikrobacterium tuberculosis (Perry, 1980). Pohon trembesi dapat menyerap CO2 sebesar 28,5 ton/pohon/tahun.

         



4.             Kalpataru (Hura crepitans)

Kalpataru atau ada yang menyebutnya pohon roda karena buahnya mirip roda, merupakan pohon yang termasuk dalam famili Euphorbiaceae. Pohon kalpataru mempunyai perakaran yang kuat dan dalam. Biasanya digunakan juga sebagai tanaman peneduh, kayunya bisa digunakan untuk kotak papan, daun kalpataru bagus untuk motif ecoprint.

 



5.             Aren (Arenga pinata)

Pohon aren merupakan pohon jenis palem-paleman yang sangat populer karena manfaatnya yang luar biasa. Perakarannya dapat menyimpan air dengan baik dan juga mencengkeram tanah sehingga dapat menjadi pencegah longsor. Daunnya dapat dimanfaatkan untuk atap, tulang daunnya untuk sapu lidi. Rambut yang ada dibatangnya disebut ijuk dapat digunakan untuk sapu dan penyaring air pada bangunan konsevasi. Batangnya dapat dimanfaatkan untuk bangunan atau kayu bakar, sedangkan bunganya dideres untuk bahan gula merah. Buahnya adalah kolang kaling yang sangat bagus untuk mencegah osteoporosis karena banyak mengandung kalsium.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  SELAMAT TINGGAL 2023,   Engkau Telah bersama Kami dengan dengan segala suka dan duka, semua akan tertoreh dalam tinta emas kehidupan,  dan...