Kelas
Kelompok Tani Hutan (KTH) dibagi menjadi 3 yaitu pemula (skor 0 – 349), Madya
(skor 350 – 700) dan Utama (skor >700). Penilaian kriteria kelas kelompok
tani berdasarkan dari parameter yang sudah ditetapkan oleh BP2SDM kementrian
LHK.
Pendampingan
untuk menaikan kelas KTH merupakan salah satu tugas pokok penyuluh Kehutanan,
sehingga kenaikan kelas KTH merupakan salah satu indikator kinerja Penyuluh
Kehutanan.
Indikator
penilaian kenaikan kelas KTH sesuai perka BP2SDM no. 5 tahun 2020 adalah sebagai berikut :
KRITERIA PENILAIAN KELAS KELOMPOK TANI HUTAN |
|||||||
NO. |
ASPEK DAN INDIKATOR
PENILAIAN KEMAMPUAN |
NILAI MAKSIMAL ASPEK |
NILAI
MAKSIMAL INDIKATOR |
BUKTI FISIK |
|||
|
|
|
|
|
|||
I. |
KELOLA
KELEMBAGAAN (360) |
|
|
|
|||
|
1. |
Dasar
hukum pendirian kelompok tani hutan (KTH) |
|
20 |
|
||
|
a. |
Badan
Hukum / Akte Notaris |
30 |
|
|
||
|
b. |
Surat
Keputusan Kepala Desa |
20 |
|
|
||
|
c. |
Berita
Acara pembentukan KTH |
10 |
|
|
||
|
d. |
Belum
memiliki dasar hukum |
0 |
|
|
||
|
2. |
Kepengurusan |
|
15 |
|
||
|
a. |
Ketua,
sekretaris, bendahara, seksi-seki dengan uraian tugas dan semua berjalan
sesuai fungsinya |
20 |
|
|||
|
b. |
Ketua,
sekretaris, bendahara, seksi-seksi dengan uraian tugas tapi belum berjalan
sesuai fungsinya |
15 |
|
|
||
|
c. |
Ketua,
sekretaris, bendahara, seksi-seki tanpa uraian tugas |
10 |
|
|
||
|
d. |
Ketua,
sekretaris, bendahara |
5 |
|
|
||
|
3. |
Keikutsertaan
kaum wanita dalam kepengurusan dan anggota kelompok |
|
10 |
|
||
|
a. |
> 20% |
15 |
|
|||
|
b. |
10-20% |
10 |
|
|
||
|
c. |
< 10% |
5 |
|
|
||
|
4. |
Perencanaan
kegiatan kelompok (RKK) |
|
10 |
|
||
|
a. |
Rencana
jangka panjang, menengah, tahunan |
20 |
|
|
||
|
b. |
Rencana
jangka menengah, tahunan |
15 |
|
|
||
|
c. |
Rencana
tahunan |
10 |
|
|
||
|
d. |
Belum
memiliki rencana kegiatan kelompok |
0 |
|
|
||
|
5. |
Kehadiran
anggota dalam pertemuan KTH |
|
10 |
|
||
|
a. |
>75%
hadir |
30 |
|
|
||
|
b. |
51-75%
hadir |
20 |
|
|
||
|
c. |
30-50% hadir |
10 |
|
|
||
|
d. |
< 30% |
5 |
|
|
||
|
6. |
Rata-rata
kehadiran pengurus/anggota dalam setiap pelaksanaan kegiatan kelompok |
|
10 |
|
||
|
a. |
>75%
hadir |
30 |
|
|
||
|
b. |
51-75%
hadir |
20 |
|
|
||
|
c. |
30-50%
hadir |
10 |
|
|
||
|
d. |
< 30% |
5 |
|
|
||
|
7. |
Pemantauan
dan evaluasi kegiatan kelompok |
|
5 |
|
||
|
a. |
Dilakukan
oleh pengurus dan anggota secara partisipatif, periodik dan terdokumentasi |
15 |
|
|
||
|
b. |
Dilakukan
oleh pengurus dan anggota secara partisipatif serta terdokumentasi |
10 |
|
|
||
|
c. |
Dilakukan
oleh pengurus dan terdokumentasi |
5 |
|
|
||
|
d. |
Tidak
dilakukan pemantauan |
0 |
|
|
||
|
8. |
Kelengkapan
sekretariat KTH (papan nama KTH, papan informasi, pondok pertemuan,
perpustakaan, peta wilayah kelola, struktur organisasi, dll) |
|
20 |
|
||
|
a. |
> 5
unsur |
30 |
|
|
||
|
b. |
3-5 unsur |
20 |
|
|
||
|
c. |
< 3 |
10 |
|
|
||
|
d. |
Belum
memiliki |
5 |
|
|
||
|
9. |
Aturan
yang dimiliki kelompok |
|
20 |
|
||
|
a. |
AD/ART |
20 |
|
|
||
|
b. |
Aturan
lain tertulis |
15 |
|
|
||
|
c. |
Aturan tdk
tertulis |
10 |
|
|
||
|
d. |
Belum
memiliki aturan atau norma kelompok |
0 |
|
|
||
|
10. |
Kelengkapan
administrasi kelompok : buku tamu, buku daftar amggota, buku daftar hadir
pertemuan, notulen rapat, buku kas, buku tabungan, buku simpan pinjam, buku
inventaris barang, buku informasi, buku catatan hasil kegiatan |
|
15 |
|
||
|
a. |
> 5
buku |
15 |
|
|
||
|
b. |
3-5 buku |
10 |
|
|
||
|
c. |
< 3
nuku |
5 |
|
|
||
|
d. |
Belum
memiliki buku administrasi kelompok |
0 |
|
|
||
|
11. |
Frekuensi
pertemuan KTH |
|
15 |
|
||
|
a. |
1 bulan
sekali |
15 |
|
|
||
|
b. |
2 bulan
sekali |
10 |
|
|
||
|
c. |
3 bulan
sekali |
5 |
|
|
||
|
d. |
> 3
bulan sekali |
0 |
|
|
||
|
12. |
Keikutsertaan
pengurus/anggota dalam kegiatan peningkatan kapasitas dalam 3 tahun terakhir |
|
0 |
|
||
|
a. |
> 3
orang |
20 |
|
|
||
|
b. |
2-3 orang |
15 |
|
|
||
|
c. |
1 orang |
10 |
|
|
||
|
d. |
Tidak ada |
0 |
|
|
||
|
13. |
Jenis
pelatihan bidang kehutanan yang diikuti oleh pengurus / anggota dalam 3 tahun
terakhir |
|
0 |
|
||
|
a. |
> 3
jenis |
15 |
|
|
||
|
b. |
2-3 jenis |
10 |
|
|
||
|
c. |
1 jenis |
5 |
|
|
||
|
d. |
Belum ada
yang pernah mengikuti pelatihan |
0 |
|
|
||
|
14. |
Keterlibatan
kelompok tani hutan dalam program pemerintah/LSM/lembaga lainnya |
|
10 |
|
||
|
a. |
> 5
kegiatan |
15 |
|
|
||
|
b. |
2-5
kegiatan |
10 |
|
|
||
|
c. |
1 kegiatan |
5 |
|
|
||
|
d. |
Tidak
terlibat |
0 |
|
|
||
|
15. |
Bentuk
kearifan lokal yang dikembangkan dalam kegiatan KTH |
|
0 |
|
||
|
a. |
> 3
jenis |
15 |
|
|
||
|
b. |
2-3 jenis |
10 |
|
|
||
|
c. |
1 jenis |
5 |
|
|
||
|
d. |
Tidak ada |
0 |
|
|
||
|
16. |
Jumlah
kelompok baru yang terbentuk |
|
5 |
|
||
|
a. |
> 3
kelompok |
15 |
|
|
||
|
b. |
2-3
kelompok |
10 |
|
|
||
|
c. |
1 kelompok |
5 |
|
|
||
|
d. |
Tidak ada |
0 |
|
|
||
|
17. |
Jumlah
PKSM yang terbentuk |
|
10 |
|
||
|
a. |
> 3
orang |
20 |
|
|
||
|
b. |
2-3 orang |
15 |
|
|
||
|
c. |
1 orang |
10 |
|
|
||
|
d. |
Tidak ada |
0 |
|
|
||
|
18. |
Jumlah
anggota yang potensial menjadi kader pengurus KTH |
|
15 |
|
||
|
a. |
> 3
orang |
20 |
|
|
||
|
b. |
2-3 orang |
15 |
|
|
||
|
c. |
1 orang |
10 |
|
|
||
|
d. |
Tidak ada |
0 |
|
|
||
|
Jumlah |
|
190 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
||
II. |
KELOLA
KAWASAN (200) |
|
|
|
|||
|
1. |
Pemahaman
anggota terhadap batas-batas wilayah kelola kelompok |
|
15 |
|
||
|
a. |
> 75%
paham |
20 |
|
|
||
|
b. |
51- 75%
paham |
15 |
|
|
||
|
c. |
30-50%
paham |
10 |
|
|
||
|
d. |
< 30%
paham |
0 |
|
|
||
|
2. |
Penataan
dan pemetaan wilayah kelola kelompok |
|
15 |
|
||
|
a. |
Dilakukan
secara partisipatif oleh seluruh anggota |
20 |
|
|
||
|
b. |
Dilakukan
secara partisipatif oleh sebagian anggota |
15 |
|
|
||
|
c. |
Dilakukan
oleh pihak lain |
10 |
|
|
||
|
d. |
Belum
dilakukan |
0 |
|
|
||
|
3. |
Pengenalan
potensi dan daya dukung wilayah kelola kelompok |
|
10 |
|
||
|
a. |
Diidentifikasi,
dipetakan dan didokumentasikan dengan baik |
20 |
|
|
||
|
b. |
Diidentifikasi,
dipetakan dan belum didokumentasikan dengan baik |
15 |
|
|
||
|
c. |
Diidentifikasi
tetapi belum dipetakan dan didokumentasikan dengan baik |
10 |
|
|
||
|
d. |
Belum
diidentifikasikan |
0 |
|
|
||
|
4. |
Identifikasi
dan pemetaan permasalahan wilayah kelola kelompok |
|
10 |
|
||
|
a. |
Diidentifikasi,
dipetakan dan didokumentasikan dengan baik |
20 |
|
|
||
|
b. |
Diidentifikasi,
dipetakan dan belum didokumentasikan dengan baik |
15 |
|
|
||
|
c. |
Diidentifikasi
tetapi belum dipetakan dan didokumentasikan dengan baik |
10 |
|
|
||
|
d. |
Belum
diidentifikasikan |
0 |
|
|
||
|
5. |
Pemanfaatan
wilayah kelompok sesuai dengan potensi |
|
10 |
|
||
|
a. |
Terdapat
rencana pemanfaatan tertulis sesuai dengan potensi dan diketahui oleh para
pihak |
20 |
|
|
||
|
b. |
Terdapat
rencana pemanfaatan tertulis sesuai dengan potensi dan belum diketahui oleh
para pihak |
15 |
|
|
||
|
c. |
Rencana
pemanfaatan masih dalam proses |
10 |
|
|
||
|
d. |
Belum ada
rencana pemanfaatan |
0 |
|
|
||
|
6. |
Aktivitas
kelompok dalam melakukan rehabilitasi |
|
15 |
|
||
|
a. |
> 3
kegiatan |
20 |
|
|
||
|
b. |
2-3
kegiatan |
15 |
|
|
||
|
c. |
1 kegiatan |
10 |
|
|
||
|
d. |
Tidak ada |
0 |
|
|
||
|
7. |
Aktivitas
kelompok dalam melakukan konservasi sumber daya hutan |
|
15 |
|
||
|
a. |
> 3
kegiatan |
20 |
|
|
||
|
b. |
2-3
kegiatan |
15 |
|
|
||
|
c. |
1 kegiatan |
10 |
|
|
||
|
d. |
Tidak ada |
0 |
|
|
||
|
8. |
Dampak
terhadap peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian
hutan dan lingkungan dalam bentuk kelompok/organisasi |
|
0 |
|
||
|
a. |
> 3
kelompok/organisasi |
20 |
|
|
||
|
b. |
2-3
kelompok/organisasi |
15 |
|
|
||
|
c. |
1
kelompok/organisasi |
10 |
|
|
||
|
d. |
Tidak ada |
0 |
|
|
||
|
9. |
Dampak
terhadap lingkungan |
|
10 |
|
||
|
a. |
> 3
dampak |
20 |
|
|||
|
b. |
2-3 dampak |
15 |
|
|||
|
c. |
1 dampak |
10 |
|
|||
|
d. |
Tidak ada |
0 |
|
|||
|
10. |
Perolehan
sertifikat pengelolaan hutan lestari (PHBML/SVLK dan lainnya) |
|
0 |
|
||
|
a. |
Sudah
memperoleh serifikat |
20 |
|
|
||
|
b. |
Dalam
proses penilaian |
15 |
|
|
||
|
c. |
Dalam
proses pengajuan |
10 |
|
|
||
|
d. |
Belum ada
proses |
0 |
|
|
||
|
11. |
Komoditas
yang diusahakan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) / pengurusan
perijinan produk (PIRT, sertifikat halal, dll) |
|
0 |
|
||
|
a. |
Sudah
memperoleh serifikat |
20 |
|
Sertifikat Benih |
||
|
b. |
Dalam
proses penilaian |
15 |
|
|
||
|
c. |
Dalam
proses pengajuan |
10 |
|
|
||
|
d. |
Belum ada
proses |
0 |
|
|
||
|
Jumlah |
|
100 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
||
III. |
KELOLA
USAHA (440) |
|
|
|
|||
|
1. |
Pertambahan
modal usaha dalam 3 tahun terakhir |
|
20 |
|
||
|
a. |
> 50%
dari modal usaha |
40 |
|
|
||
|
b. |
25-50%
dari modal usaha |
30 |
|
|
||
|
c. |
< 25%
dari modal usaha |
20 |
|
|
||
|
d. |
Belum ada |
0 |
|
|
||
|
2. |
Sumber
penambahan modal usaha |
|
30 |
|
||
|
a. |
Lembaga
keuangan |
40 |
|
|
||
|
b. |
Mitra
usaha |
30 |
|
|
||
|
c. |
Pemerintah |
20 |
|
|
||
|
d. |
Belum ada |
0 |
|
|
||
|
3. |
Pengembangan
jenis usaha diversifikasi produk dalam 3 tahun terakhir |
|
45 |
|
||
|
a. |
>2
jenis |
45 |
|
|
||
|
b. |
2 jenis |
30 |
|
|
||
|
c. |
1 jenis |
15 |
|
|
||
|
d. |
Tidak
bertambah jenis |
0 |
|
|
||
|
4. |
Melakukan
temu usaha dengan pelaku usaha dalam 3 tahun terakhir |
|
30 |
|
||
|
a. |
>2 kali |
30 |
|
|
||
|
b. |
2 kali |
20 |
|
|
||
|
c. |
1 kali |
10 |
|
|
||
|
d. |
Tidak
pernah |
0 |
|
|
||
|
5. |
Menjalin
kemitraan dengan perjanjian/MoU dalam 3 tahun terakhir |
|
30 |
|
||
|
a. |
>2
kemitraan/MoU |
30 |
|
|
||
|
b. |
2
kemitraan/MoU |
20 |
|
|
||
|
c. |
1
kemitraan/MoU |
10 |
|
|
||
|
d. |
Tidak
bertambah kemitraan/MoU |
0 |
|
|
||
|
6. |
Cakupan
tujuan pemasaran hasil usaha kelompok |
|
20 |
|
||
|
a. |
Internasional
/ Nasional |
30 |
|
|
||
|
b. |
Propinsi |
20 |
|
|
||
|
c. |
Kab /
Kota/ Kec |
10 |
|
|
||
|
d. |
Desa |
0 |
|
|
||
|
7. |
Peningkatan
pendapatan total kelompok dalam 1 tahun terakhir |
|
15 |
|
||
|
a. |
Sampai
dengan 3 kali lipat |
45 |
|
|
||
|
b. |
Sampai
dengan 2 kali lipat |
30 |
|
|
||
|
c. |
Sampai
dengan 1 kali lipat |
15 |
|
|
||
|
d. |
Belum ada
peningkatan pendapatan |
0 |
|
|
||
|
8. |
Pemanfaatan
akses informasi dan teknologi dari berbagai sumber |
|
30 |
|
||
|
a. |
> 3
sumber |
45 |
|
|
||
|
b. |
2-3 sumber |
30 |
|
|
||
|
c. |
1 sumber |
15 |
|
|
||
|
d. |
Belum ada |
0 |
|
|
||
|
9. |
Penyerapan
tenaga kerja dari usaha kelompok |
|
15 |
|
||
|
a. |
> 20
orang |
45 |
|
|
||
|
b. |
10-20 orang |
30 |
|
|
||
|
c. |
< 10
orang |
15 |
|
|
||
|
d. |
Belum ada |
0 |
|
|
||
|
10. |
Peningkatan
omset/pendapatan dari usaha/produksi utama dalam 3 tahun terakhir |
|
15 |
|
||
|
a. |
> 50 %
dari modal usaha |
45 |
|
|
||
|
b. |
25-50 %
dari modal usaha |
30 |
|
|
||
|
c. |
< 25 %
dari modal usaha |
15 |
|
|
||
|
d. |
Belum ada |
0 |
|
|
||
|
11. |
Peningkatan
omset/pendapatan turunan dari usaha/produksi utama dalam 3 tahun terakhir |
|
0 |
|
||
|
a. |
> 50 %
dari modal usaha |
45 |
|
|
||
|
b. |
25-50 %
dari modal usaha |
30 |
|
|
||
|
c. |
< 25 %
dari modal usaha |
15 |
|
|
||
|
d. |
Belum ada |
0 |
|
|
||
|
Jumlah |
|
250 |
|
|||
|
Total |
|
540 |
|
|||
Keterangan
: |
|||||||
1. Kelas
Pemula (skor < 350) |
|||||||
2. Kelas
Madya (skor 350-700) |
|||||||
3. Kelas
Utama (skor > 700) |
|||||||
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar