Halaman

Rabu, 08 Februari 2023

PENYELAMATAN KAWASAN HUTAN MELALUI KEGIATAN RHL

 HUTAN merupakan suatu anugrah dari Tuhan Sang Pencipta Alam ini, diciptakan sedemikian rupa yang sangat berguna bagi kehidupan umat di semesta ini, dimana secara ilmilah dalam kawasan hutan tercipta sebuah ekosistem antara biotik dan aboitik, membentuk rantai makanan, menciptakan iklim mikro, menciptakan  tata air, menjadi pelindung, dan semua berguna buat kehidupan umat di semesta ini.  Seiring dengan waktu desakan dan tekanan terhadap kawasan hutan semakin kuat, perubahan prilaku itu dikarenakan derdasarkan kebutuhan hidup atau faktor ekonomi, sehingga hutan di eksploitasi secara masif tanpa memperdulikan kelestarian dan fungsi itu sendiri.  

Dari kondisi itu, perlu diupayakan secara kongkrit dari para pihak dalam mengembalikan fungsi kawasan dari berbagai aktifitas yang dapat menyebabkan menurunnya daya dukung kawasan hutan itu sendiri.  Perhutanan Sosial merupakan salah satu pemanfaatan hutan yang pada saat ini cukup mengkhawatirkan dari segi ekologis, pola pengelolaan yang seharusnya mengembalikan fungsi hutan menuju aspek ekologis dan ekonomis terabaikan dengan pengelolaan yang belum tepat.  Lahan kawasan hutan yang diberi hak pengelolaan, baru sebagian kecil melaksanakan pengembalian fungsi kawasan hutan, pengelolaan saat ini mengakibatkan semakin terbukanya kawasan hutan dengan pengelolaan tanaman semusim di semua zonasi. 

Melihat itu ada upaya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan UPT Balai Pengelolaan DAS-HL Pemali Jratun, melakukan kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan di kawasan IPHPS Rimba Agro Abadi yang berlokasi di Desa Mendelem Kec. Belik Kabupaten Pemalang. Rencana kegiatan RHL di kawasan tersebut seluas 300 ha yang berada dalam 4 KUPS-KUPS yang telah terbentuk.

Tahapan dalam kegiatan meliputi survey lokasi dan pemtaan lokasi kegiatan, identifikasi potensi yang ada, dan penyiapan pra kondisi untuk kelembagaannya. Pada tanggal 2 Pebuari 2023 di sekretariat Rimba Agro Abadi dilakukan kegiatan sosialisasi pra kondisi kegiatan RHL, kegiatan dimaksud untuk menyiapkan dari aspek pengelolaan kelembagaanya, agar mampu melaksanakan program ini dengan baik. Kegiatan ini di fasilitasi oleh Kemeterian LHK BPDAS-HL Pemali Jratun dengan bersinergi dengan Penyuluh Kehutanan Pemalang yang ada di wilayah.  Sehingga diharapkan dari KTH tersebut mampu saling besinergi dalam melaksanakan kegiatan dari aspek persiapan, aspek pelaksanaan dan aspek pengawasan oleh dan dari mereka sendiri. Harapan ke depannya adalah dengan kegiatan RHL ini kawasan IPHPS akan semakin baik fungsi ekosistemmnya sehingga aspek ekologi, aspek ekonomi akan tercapai dalam kegiatan tersebut. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  SELAMAT TINGGAL 2023,   Engkau Telah bersama Kami dengan dengan segala suka dan duka, semua akan tertoreh dalam tinta emas kehidupan,  dan...